Fiber Optic (FO)

Fiber Optic (FO)
By.Sri Wahyuningsih,S.T


A. Pengertian Fiber Optik
Fiber optik atau serat optik adalah medium penghantar yang terbuat dari serabut-serabut kaca yang tipis. Ukurannya seperti diameter rambut manusia. fiber optik ini akan menggantikan jenis-jenis kabel lain yang ada. Dia akan menjadi penentu dalam perkembangan teknologi komunikasi. Media fiber optik merupakan media yang memilki banyak kelebihan, terutama dari segi performa dan ketahanan dalam menghantarkan data. Data yang dihantarkan dalam fiber optik berbentuk cahaya. Potensinya memang sudah terlihat dari kata cahaya, Yaitu sekitar 300.000 meter persekon.

Teknologi Fiber Optic terbagi atas dua kategori :

1. Single Mode Fiber Optic


Single Mode Fiber Optik memiliki banyak arti dalam teknologi fiber optic. Di single mode ini hanya terdapat satu indeks sinar tanpa terpantul yang merambat sepanjang media tersebut dibentang. Satu buah sinar yang tidak terpantul di media optik tersebut membuat teknologi fiber optik yang satu inihanya sedikit mengalami gangguan dalam perjalanannya. Itupun lebih banyak gangguan yang bersifat dari luar maupun gangguan fisik saja. Ini core serat fibernya cukup kecil yaitu sekitar 8 sampai 10 mikrometer. Sinar yang dapat lewat hanya yang memilki panjang 1310 atau 1550 nanometer.

Single mode dapat membawa data dengan bandwith yang lebih besar dibandingkan multi fiber optik. Tapi teknologi ini membutuhkan sumber cahaya dengan lebar spektral yang sangat kecil pula dan ini berarti sistem yang mahal. Kecepatannya bisa mencapai 50 kali multi mode tapi tentu saja biayanya lebih besar. Karena core yang kecil ini juga makanya single mode ini bisa menguragi gangguan akibat overlapping dan distorsi.

2. Multi Mode Fiber Optic


Sesuai dengan namanya, teknologi ini memilki kelebihan dan kekuranganyang diakibatkan banyaknya jumlah sinar cahaya yang berada di dalam mediafiber optiknya. Di multi mode ini terdapat banyak indeks cahaya dengan pantulansepanjang media tersebut terbentang. Kemudian di akhir lintasan tidak semualaser sampai di tempat tujuan secara serentak. Ada yang memantul balik. Halinilah yang membuat bandwith multi mode lebih terbatas. Namun biaya yangdiperlukan lebih murah karena laser yang digunakan tidak seperti dalam single mode. Kekuatannya mengirim datanya masih bisa ditingkatkan lagi yaitu dengan membuat medium yang mempunyai standar kemurnian lebih tinggi, memperkecil core dan memperkecil sinar laser.

B. Bagian - Bagian Fiber Optik

  • Core adalah kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optik yang dimana pengiriman sinar dilakukan. 
  • Cladding adalah materi yang mengelilingi inti yang berfungsi memantulkan sinar kembali kedalam inti(core). 
  • Buffer Coating adalah plastic pelapis yang melindungi fiber dari kerusakan. 

C. Pembuatan kabel Fiber Optic


D. Cara Kerja Fiber Optik

Sinar dalam fiber optik berjalan melalui inti dengan secara memantul dari cladding, dan hal ini disebut total internal reflection, karena cladding sama sekali tidak menyerap sinar dari inti. Akan tetapi dikarenakan ketidakmurnian kaca sinyal cahaya akan terdegradasi, ketahanan sinyal tergantung pada kemurnian kaca dan panjang gelombang sinyal.




                                 

                                                               SEMOGA BERMANFAAT
  
Tanjungpinang, 31 Mei 2017

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.